Selasa, 02 Oktober 2007

Inovasi NilaiBlue Ocean Strategy

W. Chan Kim dan Renee Mauborgne
Ditafsirkan oleh Linda

Sebuah pasar, terdiri dari dua samudra yaitu samudra biru dan samudra merah. Samudra merah adalah pasar yang dikenal saat ini lengkap dengan semua aturan-aturan dan standar-standar yang ada. sedangkan samudra biru adalah pasar yang belum di kenal atau belum di eksplorasi.

Persaingan di samudra merah sangat berat dan berdarah-darah. setiap perusahaan berjuang untuk bersaing sesuai dengan standar-standar yang ada dalam pasar tersebut. setiap perusahaan berusaha mengalahkan kompetitornya.

Lain halnya dengan di samudra biru. pada samudra biru belum ada aturan-aturan dan standar-standar. Perusahaan yang terjun ke dalam samudra biru tersebut akan membuat aturan-aturan dan standar-standar sendiri yang nantinya akan dipatuhi di pasar tersebut.

Strategi di samudra biru adalah dengan melakukan inovasi nilai. inovasi nilai terjadi ketika perusahaan memadukan inovasi dengan utilitas (manfaat), harga dan posisi biaya. tidak cukup hanya nilai saja dan hanya inovasi saja. tetapi harus merupakan keduanya.


to be continue ....

Tidak ada komentar: